Soal Tertulis Ujian SIM? Siapa Takut! Free Download Ebook Soal Ujian SIM!


Hai, sobat!

Kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman ketika ujian mendapatkan SIM dulu. Sebelumnya saya sudah berbekal buku “Teori Mendapatkan SIM” yang dibeli jauh-jauh hari di salah satu toko buku di Jogja, tepatnya di daerah Jl. Gejayan sebelah utara toko buku Social Agency. Memang terlambat waktu mengambil ujian SIM, karena syarat mengikuti ujian adalah 17 tahun dan sayangnya saya sudah beberapa kali kena tilang sebelumnya… Hehe.

Layaknya ujian nasional, saya belajar dengan SKS (Sistem Kebut Semalam) dengan harapan nilai memuaskan dan tidak mengecewakan orang tua karena biaya administrasi yang mencapai 100-an ribu. Tetapi cara legal tersebut, masih lebih murah daripada cara yang biasa disebut dengan “nembak” alias menitipkan kepada oknum polisi yang kurang lebih 250 hingga 300 ribu. Ternyata ketika saya datang di tempat ujian, tawaran “nembak” datang langsung dari oknum polisi. Awalnya sih ingin karena praktis tinggal bayar dan foto, tapi karena hafalan sudah “di luar kepala” akhirnya membulatkan tekad untuk tes sendiri.

Alhasil, ujian pertama ujian tertulis gagal… haha. Dari 30 soal multiple choice¬†diwajibkan minimal 21 soal jawaban harus benar, jika gagal boleh mengulang minggu depan. Setelah itu saya pulang dan mencari amunisi lebih banyak lagi, dan di kesempatan kedua akhirnya berhasil begitu juga dengan ujian praktik. Ujian praktik cukup mudah, hanya mengendarai motor di lintasan yang berbentuk angka 8 dan aturannya tidak boleh menurunkan salah satu kaki apalagi hingga jatuh. Setiap peserta diberi 3 kali kesempatan, tapi saya cukup sekali… Alhamdulillah ya sesuatu… hehe. Selanjutnya adalah proses penyelesaian sisa administrasi dan foto, serta yang ditunggu-tunggu mengambil kartu SIM!

Ujian praktek SIM

Begitulah ceritaku, apa ceritamu? Hehe… Dari cerita tersebut, saya ingin mengingatkan jangan “nembak” karena selain hampir 3 kali lebih mahal-ironisnya lagi itu adalah bibit korupsi! Cara mudahnya adalah kalahkan ujian tertulisnya, selanjutnya pasti lebih mudah karena ujian praktik tentu kita sudah lebih banyak belajar. Selain itu anggap juga ini sebagai pembelajaran terhadap pentingnya memperhatikan peraturan dalam berkendara.

Tambahan, menurut saya pembuatan SIM masal tidak akan mengurangi tingkat kecelakaan karena dalam hal keselamatan perlu pembelajaran bukannya dengan memudahkan akses mendapatkan SIM. Jadi intinya, kualitas lebih baik dari pada kuantitas!

Silahkan download ebook “Soal Ujian Tertulis SIM”. Semoga bermanfaat!

Download di sini

About these ads

Jangan lupa komentar =)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s