Tips Download Gratis di Scribd!


Sebagai web untuk menyimpan dan berbagi dokumen, Scribd sangat bermanfaat karena dari pengalaman saya sendiri sering mendapatkan dokumen berkualitas dari situs tersebut. Dan salah satu keunggulan Scribd adalah dokumennya yang berformat iPaper, dengan format ini memungkinkan kita dapat melihat isi dari dokumen tanpa mengunduhnya terlebih dahulu.

Kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang Scribd lebih jauh, tapi akan berbagi tips agar sobat dapat mengunduh berbagai dokumen dari Scribd dengan gratis dan tepat. Coba cara berikut!

  1. Kunjungi scribd mobile untuk download secara gratis.
  2. Lalu cari dokumen dengan menulis kata kunci di kotak search.
  3. Klik Download Now, jika ingin mengunduh langsung.
  4. Jika sobat ingin melihat isi dokumennya sebelum mengunduh, salin alamat dengan cara klik kanan pada judul dokumen yang diinginkan lalu pilih “Salin alamat tautan” atau “Copy Link Location”. Bingung? Perhatikan gambar berikut! Sebagai contoh saya coba search tentang “manfaat teh”, dan memilih hasil nomor 2.

Salinan alamat tautan (URL): http://www.scribd.com/mobile/doc/55012716?query=manfaat+teh

Dari URL di atas ada beberapa yang saya cetak tebal tulisannya, dimana “doc” adalah tipe dokumen, “55012716” adalah nomor dokumen dan “manfaat+teh” adalah kata kunci pencarian.

Setelah itu perhatikan URL berikut:

http://www.scribd.com/tipe dokumen/nomor dokumen/kata kunci

Nah, selanjutnya ganti kata yang dicetak tebal dengan hasil salinan URL tadi. Tetapi ada aturan, dimana kata kunci yang lebih dari 1 kata dipisahkan dengan tanda (minus). Bingung lagi? Agar tidak bingung, lihat terusan contoh yang tadi di bawah ini…

http://www.scribd.com/mobile/doc/55012716?query=manfaat+teh

diganti sehingga menjadi… http://www.scribd.com/doc/55012716/manfaat-teh

Setelah itu kunjungi URL yang sudah diganti untuk melihat isi dokumen secara online… Lakukan cara yang sama dengan hanya mengganti nomor dokumen, jika belum menemukan isi dokumen yang diinginkan. Sekian dahulu postingan kali ini, semoga bermanfaat!

Jangan lupa komentar =)