Cara Menonaktifkan Akun Facebook Yang Penggunanya Telah Meninggal


Facebook merupakan jejaring sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Rentang usia penggunanya pun beragam dari usia SD sampai lansia.

Namun kematian tidak pernah pandang bulu menghampiri siapa saja. Kita seringkali menemukan orang yang sudah meninggal tetapi wall Facebook-nya masih ramai baik itu teman atau fans yang merasa kangen dan mengirimkan sesuatu di wall-nya.

Mengingat Kematian

Sebagai seorang yang dekat dengan pengguna Facebook yang telah meninggal, entah itu teman, pacar, atau keluarga kita, kita tidak menginginkan orang lain (hacker) untuk menggunakan akun tersebut. karena selain membangkitkan kenangan menyedihkan juga dapat digunakan untuk kejahatan.

Karena yang tahu informasi login akun Facebook tersebut hanya pengggunanya yang tahu, sedangkan dia telah meninggal dunia, kita sering merasa tidak bisa berbuat apa-apa.

Namun, sebenarnya kita bisa saja mengirimkan permintaan kepada Facebook untuk menutup (menghapus) akun tersebut. Caranya mudah, ikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Buka  halaman ini Pengguna yang Wafat – Permintaan Khusus
  2. Lengkapi formulir yang ada dalam halaman tersebut dengan meng-upload antara lain akte kelahiran almarhum dan surat kematian.

Yang harus menjadi catatan, permintaan ini hanya bisa dilakukan kalau kita adalah keluarga dari pengguna tersebut dan di dalam info akun, kita juga terhubung sebagai keluarga dekatnya.

Selain opsi menghapus akun Facebook, kita juga bisa meminta Facebook untuk tetap menyimpan data data pengguna tersebut, sebagai kenangan tetapi pengguna lain tidak bisa melakukan aktivitas di sana.

Semoga menjadi informasi yang berharga.

Kunjungi pusat bantuan Facebook di sini jika masih menemui kesulitan.

Referensi:
Pusat Bantuan Facebook
forum.kompas.com
http://www.hidayatullah.com (gambar)

Jangan lupa komentar =)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s